Kamis, 26 Januari 2012

Sakit Gigi Pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran

Bookmark and Share
Adakah hubungan antara sakit gigi dengan masalah kandungan? Ternyata ada, lo. Fakta inilah yang terungkap dalam pembicaraan antara Soraya Haque dengan drg. Edi Suharso pada acara Ibu, Bayi, dan Balita yang ditayangkan di ANteve setiap Sabtu pukul 10.30-11.00 WIB.

Drg. Edi Suharso mengungkapkan, "Kalau seorang ibu atau calon ibu merencanakan untuk mempunyai anak, sebaiknya mempersiapkan diri baik fisik, mental, dan juga untuk kebersihan maupun kesehatan gigi dan mulutnya." Sebab, lanjutnya masih dalam acara yang sama hasil kerjasama nakita dan PT Endrass Perdana Film ini, bila selama kehamilan ibu mengalami infeksi gigi, maka dapat mengakibatkan hormon Prostaglandin (senyawa aktif yang diperoleh dari kelenjar prostata dan kandung mani, merangsang kontraksi otot polos, menurunkan tekanan darah dan mempengaruhi khasiat hormon-hormon tertentu) meningkat. Akibat peningkatan hormon prostaglandin itu rahim akan berkontraksi dan menegang. "Keadaan kontraksi ini akan menekan si janin." Apabila kontraksi sering terjadi maka akan menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya atau prematur.
Seorang ibu hamil, kan, seharusnya mendapat nutrisi yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Memakan makanan bergizi tidak dapat dilakukan dengan baik bila gigi sakit atau bahkan terinfeksi. "Bagaimana dia bisa makan dengan baik karena untuk mengunyah saja sudah sakit."

Nah, untuk mencegahnya, sebelum hamil ibu harus memeriksakan dulu kondisinya secara umum maupun kondisi giginya. Agar dalam kehamilan nanti kekhawatiran akan gigi abses atau bengkak tidak terjadi. Bila masalah gigi ini datang pada saat hamil maka akan sulit untuk mengobatinya. "Minum obat antibiotika tidak berani karena bisa mengganggu janin, mau dicabut apalagi." Untuk mengatasinya tentunya harus berkonsultasi ke dokter kebidanan dan kandungan. Apakah obat yang akan diminum membahayakan bagi si janin atau tidak. "Apabila sangat tidak dimungkinkan lagi untuk mempertahankan giginya. Maka pencabutan bisa dilakukan dengan cara yang aman dan hati-hati." Tentunya, lanjut Edy, sebelumnya kita konsultasikan dahulu ke dokter kandungan. Apakah kehamilan si ibu aman untuk dilakukan pencabutan atau tidak. "Fase yang aman untuk melakukan pencabutan gigi adalah pada trimester kedua atau antara usia kandungan 4 sampai 6 bulan."

Sumber : http://www.tabloid-nakita.com

1 komentar:

Iza Teratak Usang mengatakan...

Ziarah...
Takut la nak jumpa Doktor Gigi...hehe..

Posting Komentar

(C)DANE3FA by DANI2300